Sabtu, 16 Oktober 2010

Nirvana & Kurt Cobain

Mungkin kamu pernah mendengar nama Kurt Cobain? Entah itu dari Music Band yang bernama Nirvana atau mungkin dari tindakan-tindakanya yang ugal-ugalan. Kurt Cobain dan Nirvana pernah terkenal dan menggemparkan dunia permusikan pada tahun 90an. Mungkin saat itu aku belum lahir, sampai saat SMP ada seorang teman yang mengenalakan music Grunge,Nirvana, dan Profil seorang Kurt Cobain.

Nirvana, band yang satu ini telah menunjukan pada dunia. Bahwa mereka mampu membuka diri terhadap dunia, dan bahkan mereka memberanikan diri musik adalah universal. Bukan di lihat dari penampilan. Tetapi pesan - pesan yang tersirat dari lyric untuk dapat di pahami dunia universal. Nirvana berani mengexpost genre musik Grunge yang tidak biasa di telinga, namun manis tuk di Nirvana, band yang satu ini telah menunjukan pada dunia. Bahwa mereka mampu membuka diri terhadap dunia, dan bahkan mereka memberanikan diri musik adalah universal. Bukan di lihat dari penampilan. Tetapi pesan - pesan yang tersirat dari lyric untuk dapat di pahami dunia universal. Nirvana berani mengexpost genre musik Grunge yang tidak biasa di telinga, namun manis tuk di nikmati.


Berawal dari pertemuan KURT COBAIN (sang motor) dengan Chris Novoselic ( guitar bass). Keduanya bertemu di Aberdeen, seattle AS tepatnya tahun 1985. Ketika itu nama band mereka Stiff Woodies, dan saat itu pula sang motor masih memainkan perangkat drum. Saat itu belum ada Gitaris dan Vocal yang tepat.

Masuklah drumer Aaron Burkhart, terbentuklah sebuah band bernama Skid Row (nama awal sebelum Nirvana). Tak lama pada tahun 1986 Chad Channing masuk, dan setelah setahun tergantikan nama Skid Row menjadi Nirvana. Tahun itu 10 lagu yang tercipta, yang kemudian di ambil label independen bernama
SUB POP. Dan terciptalah single pertama
Love Buzz yang merupakan lagu daur ulang Shocking Blue.Saat itu produser Jack Endino yang bersusah payah membantu nirvana.Single Love Buzz terngiang keseluruh lokal (1989). Lanjut merilis album Bleach yang membuat nama nirvana semakin di puja - puja. Khususnya publik lokal Seatlle.

Selanjutnya nirvana merilis album
Silver dengan komposisi Dan Peters (anggota Mudhoney) pada drum. Produser Butch Vig. Tidak lama berselang drumer penuh tenaga Dave Grohl bergabung dengan nirvana. Bersamaan dengan masuknya Dave, nirvana merilis album Nevermind. Kontrak rekaman dengan DGC. Dan tanpa di duga album ini merubah pandangan publik terhadap nirvana yang tadinya di anggap remeh bersaing dengan musisi terdahlunya. Album ini booming di seluruh negara, mengalahkan album Dangerous milik raja pop dunia Michael Jackson.

Kurt terjerumus barang haram heroin, setelah pernikahannya dengan Courntney Love ( Pentolan Band Hole) yang tepatnya februari 1992. Semakin hari melebihi dosisnya. Nirvana masih sukses dengan album
In Utero pada tahun 1993. Dan seperti biasanya selalu mendominasi tangga lagu.

Kian hari Kurt smakin memprihatinkan, khususnya selama tur Eropa. Kurt semakin kecanduan. Konser yang di hadiri 120.000 penggemarnya yaitu di brazil. Telah di kotori oleh Kurt sendiri, segala emosinya tidak terkontrol akibat pengaruh heroin. Permainan Guitarnya nyaris mati, jari2nya tidak harmonis lagi dengan kawan - kawannya. Sampai Christ Novoselic terpancing emosinya, membanting Bass dan merusak alat - alat panggung. Begitu pula dengan Dave yang merusak Drumnya, akibat kecewa yang mendalam dengan permainan Kurt. Perlu di ketahui konser itu yang paling menyedihkan dalam sejarah nirvana.

Setelah konser Unplugged di MTV, Kurt semakin full dosis heroinnya. Dan perlu di ketahui, set panggung di MTV yang penuh dengan lilin. Kurt punya andil dalam permintaan panggungnya. Yang mungkin sudah tercium bau - bau kematiannya.


Tak lama Kurt menjalani rehabilitasi di
Exodus Recovery Center, Los Angeles, AS. Setelah sempat beberapa kali mencoba melarikan diri. KURT COBAIN (sang motor nirvana) di temukan tewas bunuh diri dengan wajah hancur akibat menembak kepala. Di rumahnya SEATTLE (5 April 1994).


Saat ini hanya Dave yang masih eksis di industri musik, dengan band foo fighter. Janda Courtney Love masih ugal - ugalan dengan kehidupannya. Seperti yang sering di muat tabloid - tabloid. Perlu di ketahui, dalam hidupnya Dave sampai saat ini menjadi orang yang paling membenci Courtney Love. Yang telah membunuh karir musik nirvana. Terutama untuk sahabatnya
KURT COBAIN.

Sebagian abu jenazah kurt masih tersimpan dalam kotak di rumah courtney dengan sejumput rambut pirang dan rambut kemaluan kurt yang sengaja dipotong oleh courtney, dari peti mati cobain.

CABE: Sebuah t-shirt hitam bergambar "Kurt Cobain" berumur lebih dari 5tahun, sampai sekarang masih sering ku pakai. 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

wuh.... tokoh yg inspiratif...